5 Alasan Penting Berolahraga

Kebugaran & Performa

​​5 Alasan Penting Berolahraga​

​​Susan Bowerman, M.S., R.D., CSSD, CSOWM, FAND – Sr. Director, Worldwide Nutrition Education and Training​ 23 Oktober 2023

​​Setiap berolahraga, Anda memperkuat satu otot utama di dalam tubuh Anda yakni jantung. Faktanya, menurut laporan yang dirilis oleh U.S. Surgeon General’s Report on Physical Activity and Health, individu yang tidak aktif berolahraga akan berisiko mengalami penyakit jantung dua kali lebih tinggi dibandingkan mereka yang aktif. Hal ini membuktikan bahwa olahraga sangat penting untuk mencegah penyakit jantung. Namun bagaimana berolahraga bisa menjaga jantung kita tetap sehat?

​Berikut 5 alasan kenapa berolahraga dapat mendukung jantung kita tetap sehat:

​​1.   Menurunkan tekanan darah

​​Menurut World Health Organization (WHO), olahraga aerobik merupakan jenis latihan fisik yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Latihan aerobik bersifat repetitif dan ritmik serta menggunakan jenis otot yang besar seperti otot kaki, bahu, dan lengan. Beberapa contoh latihan aerobik yang dapat Anda praktikkan antara lain renang, jalan santai, jogging, atau Zumba.

​​2.   Meningkatkan produksi oksigen tubuh

​​Berolahraga memperkuat otot sehingga meningkatkan kemampuan otot untuk menghasilkan oksigen di dalam sirkulasi darah. Dengan cara ini, jantung bekerja lebih efisien untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

​​3.   Menjaga berat badan tetap ideal

​​Dengan berolahraga, Anda tentu saja akan membakar kalori. Olahraga aerobik menimbulkan defisit kalori, sedangkan olahraga ketahanan meningkatkan massa otot. Olahraga yang dikombinasikan dengan pola makan seimbang akan membantu menjaga berat badan dan kadar kolesterol darah Anda tetap ideal.

​​4.   Mengurangi Stres

​​Suasana tegang yang disebabkan stres terus menerus dapat memicu tekanan darah tinggi. Berolahraga dapat meningkatkan mood dan percaya diri sehingga bermanfaat baik untuk mengendalikan stres.

​​5.   Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik

​​High-density lipoprotein (HDL) atau yang biasa dikenal dengan sebutan kolesterol baik membantu membersihkan pembuluh darah dari kolesterol jahat berlebih. Kolesterol berlebih tersebut akan dipindahkan ke hati dimana akan melalui proses metabolisme. Hal ini mengurangi risiko terjadinya aterosklerosis dan penyakit kardiovaskular.

​Penelitian terkini yang dilakukan peneliti Jepang menemukan bahwa berolahraga aktif selama 3-4 kali seminggu minimal 20 menit per sesi dapat meningkatkan kadar HDL darah.

​Jadi, lakukan olahraga yang Anda suka yang bermanfaat baik bagi kesehatan Jantung Anda. Bisa dengan berjalan santai, jogging, bersepeda, zumba, berenang, dan apa saja yang memicu jantung tetap aktif bergerak. Semua hal itu akan berdampak positif terhadap kesehatan dan kebahagiaan Anda kini dan nanti.